Indonesia dan Turki telah menjalin kerjasama bilateral sejak lama dengan fokus pada berbagai bidang termasuk pengembangan bidang pertanian diantaaranya kerjasama pengelolaan gene bank (D8), pengembangan gandum tropis dan komoditas penting lainnya seperti jagung.

Kamis (20/12/ 2018) delegasi Indonesia dan Turki melaksanakan 
The 2nd Meeting The Agricultural SC RI – Turkey. Pertemuan delegasi dilaksanakan di ibukota Turki, Ankara. Pertemuan membahas berbagai isu strategis diantaranya pengembangan gandum, pertukaran teknologi jagung serta komoditas penting lainnya.

Delegasi Indonesia berasal dari berbagai institusi diantaranya adalah Balitsereal sebagai institusi yang melaksanakan riset gandum di Indonesia. Balitsereal diwakili oleh Dr.Muhammad Azrai yang merupakan Kepala Balitsereal sekaligus Pemulia tanaman jagung dan gandum. Azrai memaparkan perkembangan riset gandum tropis di Indonesia termasuk rintisan pengembangan gandum tropis toleran suhu tinggi. Indonesia saat ini telah melepas tak kurang 10 varietas gandum dan beradaptasi baik pada dataran tinggi dan menengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *